APA SIH GIPSUM ITU?
Beberapa orang mengenal gipsum setelah menjadi suatu produk, seperti papan gipsum, list profil gipsum, maupun gipsum yang digunakan dibidang kesehatan untuk membantu pemulihan kesehatan orang yang mengalami patah tulang.

GYPSUM ALAM - TERBENTUK JUTAAN TAHUN YANG LALU
Batu gypsum putih terbentuk secara alami dengan sendirinya pada era geologi 100 sampai 200 juta tahun yang lalu. Jika didefinisikan secara kimia, batu gypsum disebut dengan kalsium sulfat dihidrat dengan rumus kimia CaSO42H20. Terbentuk sebagai batu endapan oleh adanya penguapan air laut.

Dalam sejarah bumi, lapisan gypsum tertutup oleh gumpalan lain dari batu yang semuanya terkena pengaruh kekuatan geologis. Karena naiknya tekanan, lapisan gypsum kehilangan air kristal dan kalsium sulfat anhidrit terbentuk. Jika kalsium sulfat anhidrit yang bebas air dihubungkan kembali dengan air, maka dengan perlahan akan mulai membentuk kembali menjadi gypsum.

Jenis ini digali melalui pertambangan terbuka dan pertambangan bawah tanah. Tidak seperti pertambangan bahan baku lain, penggalian gypsum hanya memerlukan bidang permukaan yang relatif kecil. Oleh karena itu, gangguan terhadap alam dapat diminimalisasi dari segi ruang dan waktu.

Selain gipsum alami, terdapat pula gipsum yang terbentuk dari limbah hasil produksi, sebagai contoh adalah limbah pembuatan pupuk dan proses Desulfurisasi Batubara yang juga dapat menghasilkan gipsum. Kedua bahan baku gipsum tersebut, baik alami maupun hasil proses (limbah) dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan papan gipsum dan gipsum powder, tetapi apakah kualitasnya sama, hal inilah yang perlu diteliti lebih lanjut.

by : dwi ananda marta